wa telepon kontraktor bangunan bandung
telepon kontraktor bangunan bandung

    header kontraktor bangunan

    Tahapan Membangun Bangunan

    tahapan membangunTahapan membangun bangunan beragam caranya sesuai dengan jenis bangunannya. Namun secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 yaitu perencanaan dan pelaksanaan.

     

     

    Tahap perencanaan

    Pembuatan Design Bangunan

    Design bangunan diperlukan agar nantinya bangunan yang kita bangun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Proses design ini semestinya memang harus dibuat. Sebelum membangun tentu kita mempunyai maksud dari pembangunan bangunan yang akan kita bangun, setelah maksud tujuan penggunaannya jelas kemudian membuat penataan ruangnya.

    Penataan ruang ini mengarah pada bentuk bangunan. Bentuk bangunan memiliki pilihan model yang bisa dipilih misalnya bangunan minimalis, bangunan berstyle klasik, atau semi klasik, kontemporer dan lain sebagainya.

    Apabila anda belum memiliki design bangunan ada baiknya memanfaatkan jasa design bangunan, yang sebenarnya cukup murah apabila dibandingkan dengan nilai dari bangunan. Harga design bangunan berkisar antara 5 sampai dengan 7,5 % dari anggaran bangunan, bahkan kadang lebih murah atau bisa gratis apabila anda menggunakan jasa kontraktor bangunan Bandung untuk melaksanakan bangunannya.

    Yang perlu menjadi perhatian adalah kekita anda ingin membangun bangunan yang lebih dari 2 lantai, hendaknya menggunakan jasa arsitek dan tenaga sipil, janganlah cukup dengan mandor atau tukang yang berpengalaman saja, karena resikonya adalah bangunan yang sedang kita bangun akan bisa mengalami kegagalan secara struktur.


    Gambar arsitektur dan struktur dari sipil nantinya juga berguna untuk kepengurusan IMB/ Ijin Mendirikan Bangunan.


    Estimasi Biaya

    Setelah design bangunan selesai RAB atau Reancana Anggaran Pembangunan bisa dihitung. Menyesuaikan dengan anggaran yang kita miliki dan RAB bangunan selayaknya dilakukan agar nantinya bangunan itu bisa kita bangun sesuai dengan perencanaan design kita. Kalau pun ternyata tidak cukup design bangunan harus mengalami penurunan spesifikasi bahan atau bahkan menyederhakan bentuk.

    Apabila memang dana kita terbatas janganlah memaksakan pelaksanaannya pada mandor, biasanya mandor memang tidak detail dalam melakukan perhitungan ini, akibatnya kita akan merugi sendiri.

     

    Mengurus IMB

    Mengurus IMB menjadi keharusan dari setiap pendirian bangunan. Apabila kita telah mengurusnya maka proses berikutnya kita akan menjadi lebih tenang secara legalitas bangunan. Kalau memang tidak tersedia waktu bisa gunakan tenaga jasa pengurus IMB.

     

    Tahap Pelaksanaan

    Setelah IMB selesai saatnya kita bisa melakukan pekerjaan pembangunan.

    Persiapan Pembangunan

    Pengumpulan tenaga tukang dilapangan
    Menyiapkan tempat tinggal sementara mereka, apabila tenaga tukang dan kenek atau pembangtu tukang berasal daei luar kota, membuatkan bangunan semi permanen apabila perlu. Menyediakan tempat bersuci seperti tempat mandi dan buang air agar mereka bisa beribadah dan beristirahat dengan baik untuk selalu siap bekerja.

    Pematangan Lahan
    Pematangan lahan adalah pekerjaan persiapan pembangunan agar nantinya lahan tanah bisa digali dan dibenamkan pondasi sesuai dengan perencanaan baik secara dimensi dan kedalamannya.

    Pematangan lahan pada pekerjaan pengembang perumahan akan luas sekali tanah yang dimatangkan, sedangkan untuk 1 unit rumah akan lebih kecil luasannya sehingga alat yang digunakannya berbeda.

    Air Kerja dan keperluan tenaga
    Air sebagai media utama untuk pembuatan elemen bangunan seperti pembuatan beton, pemasangan spesi batu bata, plesteran, acian, pemasangan keramik, pengecatan dan lain-lain. Apabila air bersih layak untuk campuran bahan pembuatan bangunan belum tersedia kita harus membuatkan sumur bor.

    Tenaga kerja lapangan juga membutuhkan air bersih ini untuk keperluan mereka agar dapat bekerja dengan baik selain air minum.

     

    Pengerjaan Bangunan

    Pelaksanaan bangunan dimulai dari galian, pembuatan struktur, pasangan sampai dengan atap dan finishing. Bobot setiap pekerjaan berbeda-beda, setiap pekerjaan memiliki volum dan satuan yang nantinya bisa diprosentase.

    Secara detail satuan pekerjaan ada pada RAB yang telah dibuat pada saat gambar design bangunan selesai.

    Skedule/ jadwal pekerjaan diperlukan agar nantinya dalam pelaksanaan bisa dibuat progres dan mudah dalam mengatur tenaga kerja. Pencapaian dan kualitas pekerjaan menjadi hal yang utama bagi kontraktor agar bisa bertanggung jawab kepada pemilik.

     

    Pembersihan

    Pembersihan proyek setelah pekerjaan selesai diantaranya membersihkan bekas begisting/ cetakan beton, bekas adukan yang tercecer, bercak cat dan lain sebagainya termasuk pengangkutan alat seperti molen dan alat-alat lain.

     

    Apabila anda berkenan membangun bangunan cukup hubungi telpon kami, maka kami akan mengerjakan setiap tahapnya.